Senin, 10 November 2014

Study hard!

Malam semakin larut, rintik hujan beradu dengan permukaan tanah masih menghiasi malam ini. Sesekali aku meneguk kopi hangat dan kembali membaca beberapa jurnal dan tumpukan buku di atas meja. Sungguh malam yang syahdu. Terlalu sayang jika hanya dilewatkan begitu saja. 

Dulu, ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar rasanya kata "belajar" merupakan monster super menakutkan dan begitu mengancam. Yang terbayangkan hanya begitu nikmatnya jika setiap hari dipenuhi dengan film kartun dan tak menemui tugas harian dari Guru. Saat itu, rasanya belajar bukan kebutuhan tetapi kewajiban dan bermain adalah hak yang wajib terpenuhi. 

Tetapi lain hal nya dengan sekarang. Terkadang memang benar, waktu dan perjalanan hidup dapat merubah seratus delapan puluh derajat pola pikir dan kebiasaan kita. Berbeda dengan masa-masa Sekolah Dasar  dulu, sekarang rasanya ingin mempelajari segala sesuatu yang berada di depan kelopak mata. Apapun itu. Hingga terkadang tak menyadari bahwa manusia memiliki keterbatasan. Ingin sekali belajar, belajar dan terus belajar.

Suara rintik hujan, angin malam, dan aroma tanah basah selalu menjadi pemicu semangat tersendiri. Suasana yang mengasyikan untuk menghabiskan tulisan-tulisan dengan tegukan kopi dan aromanya yang memikat. Entah kenapa, disaat yang lainnya mengeluh karena hujan turun, tanah menjadi becek dan cuaca yang dingin seperti ini, disaat itu pula aku menemukan ketenangan yang berbeda. Merasakan ada dorongan semangat yang muncul secara diam-diam.

Kembali lagi aku membuka jurnal dan membacanya paragraf demi paragraf, memadukan dengan beberapa teori pendukung dalam buku. Rasanya jika waktu dapat ditambahkan, ingin sekali malam ini jangan berganti pada pukul 24.00 tetapi lebih dari itu, sehingga suasana syahdu ini masih menemani. 

Mata mungkin boleh saja sesekali terpejam karena lelah, tetapi naluri untuk menyelesaikan tulisan-tulisan ini tak kunjung padam. Masih menggebu dan begitu bersemangat. Inilah mungkin orang menyebutnya dengan jangan pernah padamkan semangat belajar sekalipun sinar tak lagi berpijar. Artinya, bahwa belajar tak mengenal lelah dan tak mengenal usia. Belajar-lah, maka cakrawala dunia akan terbuka. 

Selamat menikmati syahdu-nya malam ini. 

Selamat malam, pembelajar.

Tidak ada komentar: